TITLE

DIARY PEMAIN ANGKA

MENU

HOME CODING LINUX WINDOWS BLOG DESIGN TIPS N TRICK

TIPE DATA PADA PEMROGRAMAN

Sebelum kita mulai untuk membuat program kita harus mengetahui tipe data dan batasannya agar kita bisa dengan muda mendeklarasikan variabel. Tipe data sangatlah penting kita pelajari supaya kita bisa memperhitungkan berapa memori yang kita gunakan untuk pembuatan program. Langsung saja kita bahas berapa macam tipe data itu.

  1. Integer ( Bilangan Bulat ).
    1. Byte, rentangan nilainya dari -128 sampai 127 dan mengunakan 1 byte memori.
    2. Short, rentangan nilainya dari -32768 sampai 32767 dan menggunakan 2 byte memori.
    3. Int, rentangan nilainya dari -2147483648 sampai 2147483647 dan menggunakan memori sebanyak 4 byte.
    4. Long, rentangan nilainya dari -9223372036854775808 sampai 9223372036854775807 dan menggunakan memori sebanyak 8 byte.
  2. Floating Point ( Bilangan Pecahan ).
    1. Float, rentangan nilainya dari -3.4*108 sampai 3.4*108 dan menggunakan memori sebanyak 4 byte.
    2. Double, rentangan nilainya dari -1.7*10308 sampai 1.7*10308 dan menggunakan memori sebanyak 8 byte.
  3. Char, adalah tipe data yang berupa sebuah karakter atau karakter, contohnya = 'a'.
  4. Boolean, adalah tipe data yang menentukan sebuah kondisi true atau false.

Itulah tipe - tipe data yang digunakan untuk membuat program.

ARTIKEL TERKAIT



0 comments:

Post a Comment